Sistem dan perangkat
lunak aplikasi sangat penting dalam membantu individu dan organisasi mencapai
tujuan mereka.
Software terdiri dari program yang mengontrol cara
kerja perangkat keras komputer. Dua kategori utama dari perangkat lunak adalah
sistem perangkat lunak dan perangkat lunak aplikasi. Sistem software adalah
kumpulan program yang berinteraksi antara hardware dan software aplikasi, dan
termasuk operasi sistem, program utilitas, dan middleware. Aplikasi perangkat
lunak dapat proprietary atau dari rak, dan memungkinkan orang untuk memecahkan
masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu.
Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat
program komputer yang mengontrol perangkat keras komputer untuk mendukung
pengguna kebutuhan komputasi. OS mengkonversi instruksi dari aplikasi ke satu
set instruksi yang dibutuhkan oleh perangkat keras. Peran perantara ini
memungkinkan kemerdekaan hardware. OS juga mengelola memori, yang melibatkan
penyimpanan pengendali akses dan penggunaan dengan mengubah permintaan logis ke
fisik lokasi dan dengan menempatkan data dalam ruang penyimpanan terbaik,
termasuk memori virtual.
OS mengelola tugas-tugas untuk mengalokasikan
sumber daya komputer melalui multitasking dan time-sharing. Dengan
multitasking, pengguna dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi pada satu
waktu. Berbagi waktu memungkinkan lebih dari satu orang untuk menggunakan
komputer sistem pada waktu yang sama. Kemampuan komputer untuk menangani peningkatan
jumlah pengguna secara bersamaan dengan lancar disebut skalabilitas, fitur
penting untuk sistem diharapkan untuk menangani sejumlah besar pengguna.
OS juga menyediakan antarmuka pengguna, yang
memungkinkan pengguna untuk mengakses dan perintah komputer. Sebuah berbasis
perintah antarmuka pengguna memerlukan teks perintah untuk mengirim pesan;
antarmuka pengguna grafis (GUI), seperti Windows, menggunakan ikon dan menu.
Aplikasi perangkat lunak menggunakan OS dengan
layanan meminta melalui aplikasi didefinisikan antarmuka program (API).
Programmer dapat menggunakan API untuk membuat perangkat lunak aplikasi tanpa
harus memahami inner OS. API juga menyediakan tingkat hardware kemerdekaan
sehingga perangkat keras yang mendasari dapat berubah tanpa harus membutuhkan
menulis ulang dari aplikasi perangkat lunak.
Selama bertahun-tahun, beberapa OS populer telah
dikembangkan. Ini termasuk beberapa OS proprietary yang digunakan terutama pada
mainframe. MS-DOS adalah OS awal untuk IBM-kompatibel. Windows yang lebih tua
OS adalah GUI digunakan dengan DOS. Versi yang lebih baru, seperti Windows
Vista dan XP, yang OS yang berfungsi penuh yang tidak perlu DOS. Komputer Apple
menggunakan proprietary OS tersebut sebagai Mac OS dan Mac OS X.
UNIX adalah OS yang kuat yang bisa digunakan pada
banyak jenis sistem komputer dan platform, dari komputer pribadi ke sistem
mainframe. UNIX membuatnya mudah untuk memindahkan program dan data antar
komputer atau menghubungkan mainframe dan komputer pribadi untuk berbagi
sumber. Linux adalah kernel dari OS yang sumber kode tersedia secara bebas
untuk semua orang. Beberapa variasi Linux tersedia, dengan set kemampuan dan
aplikasi untuk membentuk OS lengkap, misalnya, Red Hat Linux. z / OS dan HP-UX
adalah OS untuk komputer mainframe. Beberapa OS, seperti Palm OS, Windows
Mobile, Windows Embedded, Pocket PC, dan variasi Linux, telah dikembangkan
untuk mendukung ponsel komunikasi dan peralatan konsumen.
Program utilitas dapat melakukan banyak tugas yang
berguna dan sering datang diinstal pada komputer bersama dengan OS. Perangkat lunak
ini digunakan untuk menggabungkan dan menyortir set data, melacak komputer pekerjaan
yang dijalankan, kompres file data, melindungi terhadap berbahaya virus
komputer, dan memonitor perangkat keras dan kinerja jaringan. Middleware adalah
perangkat lunak yang memungkinkan sistem yang berbeda untuk berkomunikasi dan
mentransfer data bolak-balik. Sebuah arsitektur berorientasi layanan (SOA)
menggunakan aplikasi modular layanan untuk memungkinkan pengguna untuk berinteraksi
dengan sistem, dan sistem untuk berinteraksi satu sama lain.
Organisasi harus
tidak berkembang aplikasi proprietary software kecuali hal tersebut akan
memenuhi menarik kebutuhan bisnis yang dapat memberikan kompetitif keuntungan.
Aplikasi perangkat lunak menerapkan kekuatan
komputer untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu. Salah
satu cara yang berguna mengklasifikasikan banyak kegunaan potensi sistem
informasi untuk mengidentifikasi lingkup masalah dan peluang ditangani oleh
organisasi tertentu atau lingkungan pengaruhnya. Untuk kebanyakan perusahaan,
lingkup pengaruh yang pribadi, workgroup, dan perusahaan. Pengguna perangkat
lunak, atau perangkat lunak produktivitas pribadi, termasuk program tujuan umum
yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan mereka efektivitas pribadi,
meningkatkan kualitas dan jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan. Software yang
membantu kelompok bekerja bersama-sama sering disebut workgroup perangkat lunak
aplikasi, dan termasuk perangkat lunak penjadwalan kelompok, surat elektronik,
dan perangkat lunak lain yang memungkinkan orang untuk berbagi ide. Perusahaan
software yang menguntungkan seluruh organisasi juga dapat dikembangkan atau
dibeli. Banyak organisasi yang beralih ke software enterprise resource
planning, satu set terpadu program yang mengelola operasi bisnis perusahaan
penting untuk seluruh multisite, organisasi global.
Tiga pendekatan untuk aplikasi perangkat lunak
berkembang untuk membangun perangkat lunak aplikasi proprietary, membeli
program yang ada dari rak, atau menggunakan kombinasi disesuaikan dan
off-the-shelf software aplikasi. Membangun perangkat lunak berpemilik (in-house
atau kontrak) memiliki keuntungan sebagai berikut:
Organisasi akan mendapatkan perangkat lunak yang lebih erat sesuai
kebutuhannya; dengan terlibat dengan pengembangan, organisasi memiliki kontrol
lebih lanjut atas hasil; dan organisasi memiliki fleksibilitas yang lebih dalam
membuat perubahan. Itu kerugian meliputi: Hal ini mungkin memakan waktu lebih
lama dan biaya lebih untuk mengembangkan, staf di-rumah akan sulit ditekan
untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan, dan ada risiko
besar bahwa fitur software tidak akan bekerja seperti yang diharapkan atau yang
masalah kinerja lainnya akan terjadi.
Membeli perangkat lunak off-the-rak memiliki banyak
keuntungan. Biaya awal yang lebih rendah, ada risiko lebih rendah bahwa perangkat
lunak akan gagal untuk bekerja seperti yang diharapkan, dan perangkat lunak
akan cenderung kualitas tinggi dari perangkat lunak berpemilik. Beberapa
kelemahan adalah bahwa organisasi mungkin membayar untuk fitur yang
dilakukannya tidak perlu, perangkat lunak mungkin kurang fitur penting yang
membutuhkan kustomisasi mahal, dan sistem mungkin memerlukan proses rekayasa
ulang.
Beberapa organisasi telah mengambil
pendekatan-ketiga menyesuaikan paket perangkat lunak. Pendekatan ini biasanya melibatkan
campuran keuntungan dan kerugian sebelumnya dan harus dikelola dengan
hati-hati. Sebuah penyedia layanan aplikasi (ASP) adalah perusahaan yang dapat
menyediakan perangkat lunak, dukungan, dan perangkat keras komputer di yang
menjalankan perangkat lunak dari fasilitas pengguna atas jaringan. ASP
menyesuaikan software off-the-rak kontrak dan kecepatan penyebaran aplikasi
baru sambil membantu IS manajer menghindari sakit kepala implementasi.
Penggunaan ASP mengurangi kebutuhan bagi banyak ahli IS anggota staf dan juga menurunkan
biaya start-up proyek. Software sebagai sebuah layanan (SaaS) memungkinkan
perusahaan untuk berlangganan bisnis Web-disampaikan aplikasi perangkat lunak
dengan membayar biaya layanan bulanan atau biaya per-gunakan.Meskipun ratusan
aplikasi komputer dapat membantu orang di sekolah, rumah, dan bekerja, aplikasi
utama adalah pengolah kata, analisis spreadsheet, database, grafis, dan layanan
online. Sebuah software suite, SmartSuite seperti, WordPerfect, StarOffice,
atau Office, menawarkan koleksi yang kuat program.
Organisasi harus
memilih bahasa pemrograman yang karakteristik fungsional sesuai untuk tugas di
tangan, mengingat keterampilan dan Pengalaman dari staf pemrograman.
Semua program perangkat lunak yang ditulis dalam pengkodean
skema yang disebutbahasa, yang menyediakan petunjuk untuk pemrogramankomputer
untuk melakukan beberapa aktivitas pengolahan. Beberapakelas bahasa pemrograman
meliputi mesin, perakitan,tingkat tinggi, permintaan dan basis data,
berorientasi objek, danbahasa pemrograman visual.
Bahasa pemrograman telah berubah sejak awal mereka
pembangunan di awal 1950-an. Pada generasi pertama, komputer yang diprogram
dalam bahasa mesin, dan Generasi kedua dari bahasa yang digunakan bahasa
assembly. Generasi ketiga terdiri dari banyak pemrograman tingkat tinggi bahasa
yang menggunakan laporan Inggris-seperti dan perintah. Mereka juga harus
dikonversi ke bahasa mesin oleh software khusus yang disebut kompilator, dan
termasuk BASIC, COBOL, FORTRAN, dan lain-lain. Bahasa generasi keempat termasuk
database dan permintaan bahasa seperti SQL. Bahasa pemrograman generasi kelima
menggabungkan rulesbased generasi kode, manajemen komponen, pemrograman visual
teknik, manajemen reuse, dan lainnya kemajuan. Visual dan berorientasi objek
bahasa-pemrograman seperti Smalltalk, C ++, dan kelompok Jawa-penggunaan Data
terkait, petunjuk, dan prosedur yang disebut objek, yang berfungsi sebagai
modul dapat digunakan kembali dalam berbagai program. Ini bahasa dapat
mengurangi pengembangan program dan pengujian waktu. Java dapat digunakan untuk
mengembangkan aplikasi di Internet.
Industri perangkat
lunak terus menjalani konstan perubahan; pengguna harus menyadari tren terbaru
dan masalah untuk menjadi efektif dalam bisnis mereka dan pribadi kehidupan.
Software bug, lisensi perangkat lunak dan hak
cipta, open source software, shareware dan freeware, multi organisasi pengembangan
perangkat lunak, upgrade perangkat lunak, dan global dukungan perangkat lunak
semua masalah perangkat lunak penting dan tren.
Sebuah bug perangkat lunak adalah cacat dalam
program komputer yang terus dari melakukan dengan cara yang dimaksudkan.
Perangkat lunak bug yang umum, bahkan di bagian kunci dari bisnis software.
Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang tersedia secara bebas
kepada siapa pun dalam bentuk yang dapat dengan mudah dimodifikasi. Open-source
pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan kolaboratif proses, dengan
pengembang di seluruh dunia menggunakan internet untuk tetap berhubungan dekat
melalui e-mail dan untuk men-download dan menyerahkan software baru. Shareware
dan freeware dapat mengurangi biaya perangkat lunak, tapi kadang-kadang mereka
mungkin tidak sekuat perangkat lunak komersial. Juga, kode sumber mereka
biasanya tidak bisa dimodifikasi.
Pengembangan perangkat lunak multi-organisasi
adalah proses memperluas pengembangan perangkat lunak luar satu organisasi
dengan mencari orang lain yang berbagi masalah bisnis yang sama dan melibatkan
mereka dalam upaya pembangunan umum. Upgrade perangkat lunak merupakan sumber
penting dari peningkatan pendapatan bagi produsen perangkat lunak dan dapat
memberikan berguna fungsionalitas baru dan peningkatan kualitas bagi pengguna
perangkat lunak. Dukungan perangkat lunak global adalah suatu pertimbangan
penting untuk besar, perusahaan global yang menyusun standar, perusahaan-
sistem lebar. Solusi umum adalah outsourcing global yang dukungan kepada satu
atau lebih distributor perangkat lunak pihak ketiga.
0 komentar:
Posting Komentar