Sabtu, 26 Desember 2015

Software : Sistem dan Aplikasi software

Sistem dan perangkat lunak aplikasi sangat penting dalam membantu individu dan organisasi mencapai tujuan mereka.
Software terdiri dari program yang mengontrol cara kerja perangkat keras komputer. Dua kategori utama dari perangkat lunak adalah sistem perangkat lunak dan perangkat lunak aplikasi. Sistem software adalah kumpulan program yang berinteraksi antara hardware dan software aplikasi, dan termasuk operasi sistem, program utilitas, dan middleware. Aplikasi perangkat lunak dapat proprietary atau dari rak, dan memungkinkan orang untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu.
Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program komputer yang mengontrol perangkat keras komputer untuk mendukung pengguna kebutuhan komputasi. OS mengkonversi instruksi dari aplikasi ke satu set instruksi yang dibutuhkan oleh perangkat keras. Peran perantara ini memungkinkan kemerdekaan hardware. OS juga mengelola memori, yang melibatkan penyimpanan pengendali akses dan penggunaan dengan mengubah permintaan logis ke fisik lokasi dan dengan menempatkan data dalam ruang penyimpanan terbaik, termasuk memori virtual.
OS mengelola tugas-tugas untuk mengalokasikan sumber daya komputer melalui multitasking dan time-sharing. Dengan multitasking, pengguna dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi pada satu waktu. Berbagi waktu memungkinkan lebih dari satu orang untuk menggunakan komputer sistem pada waktu yang sama. Kemampuan komputer untuk menangani peningkatan jumlah pengguna secara bersamaan dengan lancar disebut skalabilitas, fitur penting untuk sistem diharapkan untuk menangani sejumlah besar pengguna.
OS juga menyediakan antarmuka pengguna, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan perintah komputer. Sebuah berbasis perintah antarmuka pengguna memerlukan teks perintah untuk mengirim pesan; antarmuka pengguna grafis (GUI), seperti Windows, menggunakan ikon dan menu.
Aplikasi perangkat lunak menggunakan OS dengan layanan meminta melalui aplikasi didefinisikan antarmuka program (API). Programmer dapat menggunakan API untuk membuat perangkat lunak aplikasi tanpa harus memahami inner OS. API juga menyediakan tingkat hardware kemerdekaan sehingga perangkat keras yang mendasari dapat berubah tanpa harus membutuhkan menulis ulang dari aplikasi perangkat lunak.



Selama bertahun-tahun, beberapa OS populer telah dikembangkan. Ini termasuk beberapa OS proprietary yang digunakan terutama pada mainframe. MS-DOS adalah OS awal untuk IBM-kompatibel. Windows yang lebih tua OS adalah GUI digunakan dengan DOS. Versi yang lebih baru, seperti Windows Vista dan XP, yang OS yang berfungsi penuh yang tidak perlu DOS. Komputer Apple menggunakan proprietary OS tersebut sebagai Mac OS dan Mac OS X.
UNIX adalah OS yang kuat yang bisa digunakan pada banyak jenis sistem komputer dan platform, dari komputer pribadi ke sistem mainframe. UNIX membuatnya mudah untuk memindahkan program dan data antar komputer atau menghubungkan mainframe dan komputer pribadi untuk berbagi sumber. Linux adalah kernel dari OS yang sumber kode tersedia secara bebas untuk semua orang. Beberapa variasi Linux tersedia, dengan set kemampuan dan aplikasi untuk membentuk OS lengkap, misalnya, Red Hat Linux. z / OS dan HP-UX adalah OS untuk komputer mainframe. Beberapa OS, seperti Palm OS, Windows Mobile, Windows Embedded, Pocket PC, dan variasi Linux, telah dikembangkan untuk mendukung ponsel komunikasi dan peralatan konsumen.
Program utilitas dapat melakukan banyak tugas yang berguna dan sering datang diinstal pada komputer bersama dengan OS. Perangkat lunak ini digunakan untuk menggabungkan dan menyortir set data, melacak komputer pekerjaan yang dijalankan, kompres file data, melindungi terhadap berbahaya virus komputer, dan memonitor perangkat keras dan kinerja jaringan. Middleware adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem yang berbeda untuk berkomunikasi dan mentransfer data bolak-balik. Sebuah arsitektur berorientasi layanan (SOA) menggunakan aplikasi modular layanan untuk memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem, dan sistem untuk berinteraksi satu sama lain.

Organisasi harus tidak berkembang aplikasi proprietary software kecuali hal tersebut akan memenuhi menarik kebutuhan bisnis yang dapat memberikan kompetitif keuntungan.
Aplikasi perangkat lunak menerapkan kekuatan komputer untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu. Salah satu cara yang berguna mengklasifikasikan banyak kegunaan potensi sistem informasi untuk mengidentifikasi lingkup masalah dan peluang ditangani oleh organisasi tertentu atau lingkungan pengaruhnya. Untuk kebanyakan perusahaan, lingkup pengaruh yang pribadi, workgroup, dan perusahaan. Pengguna perangkat lunak, atau perangkat lunak produktivitas pribadi, termasuk program tujuan umum yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan mereka efektivitas pribadi, meningkatkan kualitas dan jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan. Software yang membantu kelompok bekerja bersama-sama sering disebut workgroup perangkat lunak aplikasi, dan termasuk perangkat lunak penjadwalan kelompok, surat elektronik, dan perangkat lunak lain yang memungkinkan orang untuk berbagi ide. Perusahaan software yang menguntungkan seluruh organisasi juga dapat dikembangkan atau dibeli. Banyak organisasi yang beralih ke software enterprise resource planning, satu set terpadu program yang mengelola operasi bisnis perusahaan penting untuk seluruh multisite, organisasi global.
Tiga pendekatan untuk aplikasi perangkat lunak berkembang untuk membangun perangkat lunak aplikasi proprietary, membeli program yang ada dari rak, atau menggunakan kombinasi disesuaikan dan off-the-shelf software aplikasi. Membangun perangkat lunak berpemilik (in-house atau kontrak) memiliki keuntungan sebagai berikut:
Organisasi akan mendapatkan perangkat lunak yang lebih erat sesuai kebutuhannya; dengan terlibat dengan pengembangan, organisasi memiliki kontrol lebih lanjut atas hasil; dan organisasi memiliki fleksibilitas yang lebih dalam membuat perubahan. Itu kerugian meliputi: Hal ini mungkin memakan waktu lebih lama dan biaya lebih untuk mengembangkan, staf di-rumah akan sulit ditekan untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan, dan ada risiko besar bahwa fitur software tidak akan bekerja seperti yang diharapkan atau yang masalah kinerja lainnya akan terjadi.
Membeli perangkat lunak off-the-rak memiliki banyak keuntungan. Biaya awal yang lebih rendah, ada risiko lebih rendah bahwa perangkat lunak akan gagal untuk bekerja seperti yang diharapkan, dan perangkat lunak akan cenderung kualitas tinggi dari perangkat lunak berpemilik. Beberapa kelemahan adalah bahwa organisasi mungkin membayar untuk fitur yang dilakukannya tidak perlu, perangkat lunak mungkin kurang fitur penting yang membutuhkan kustomisasi mahal, dan sistem mungkin memerlukan proses rekayasa ulang.
Beberapa organisasi telah mengambil pendekatan-ketiga menyesuaikan paket perangkat lunak. Pendekatan ini biasanya melibatkan campuran keuntungan dan kerugian sebelumnya dan harus dikelola dengan hati-hati. Sebuah penyedia layanan aplikasi (ASP) adalah perusahaan yang dapat menyediakan perangkat lunak, dukungan, dan perangkat keras komputer di yang menjalankan perangkat lunak dari fasilitas pengguna atas jaringan. ASP menyesuaikan software off-the-rak kontrak dan kecepatan penyebaran aplikasi baru sambil membantu IS manajer menghindari sakit kepala implementasi. Penggunaan ASP mengurangi kebutuhan bagi banyak ahli IS anggota staf dan juga menurunkan biaya start-up proyek. Software sebagai sebuah layanan (SaaS) memungkinkan perusahaan untuk berlangganan bisnis Web-disampaikan aplikasi perangkat lunak dengan membayar biaya layanan bulanan atau biaya per-gunakan.Meskipun ratusan aplikasi komputer dapat membantu orang di sekolah, rumah, dan bekerja, aplikasi utama adalah pengolah kata, analisis spreadsheet, database, grafis, dan layanan online. Sebuah software suite, SmartSuite seperti, WordPerfect, StarOffice, atau Office, menawarkan koleksi yang kuat program.

Organisasi harus memilih bahasa pemrograman yang karakteristik fungsional sesuai untuk tugas di tangan, mengingat keterampilan dan Pengalaman dari staf pemrograman.
Semua program perangkat lunak yang ditulis dalam pengkodean skema yang disebutbahasa, yang menyediakan petunjuk untuk pemrogramankomputer untuk melakukan beberapa aktivitas pengolahan. Beberapakelas bahasa pemrograman meliputi mesin, perakitan,tingkat tinggi, permintaan dan basis data, berorientasi objek, danbahasa pemrograman visual.
Bahasa pemrograman telah berubah sejak awal mereka pembangunan di awal 1950-an. Pada generasi pertama, komputer yang diprogram dalam bahasa mesin, dan Generasi kedua dari bahasa yang digunakan bahasa assembly. Generasi ketiga terdiri dari banyak pemrograman tingkat tinggi bahasa yang menggunakan laporan Inggris-seperti dan perintah. Mereka juga harus dikonversi ke bahasa mesin oleh software khusus yang disebut kompilator, dan termasuk BASIC, COBOL, FORTRAN, dan lain-lain. Bahasa generasi keempat termasuk database dan permintaan bahasa seperti SQL. Bahasa pemrograman generasi kelima menggabungkan rulesbased generasi kode, manajemen komponen, pemrograman visual teknik, manajemen reuse, dan lainnya kemajuan. Visual dan berorientasi objek bahasa-pemrograman seperti Smalltalk, C ++, dan kelompok Jawa-penggunaan Data terkait, petunjuk, dan prosedur yang disebut objek, yang berfungsi sebagai modul dapat digunakan kembali dalam berbagai program. Ini bahasa dapat mengurangi pengembangan program dan pengujian waktu. Java dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di Internet.


Industri perangkat lunak terus menjalani konstan perubahan; pengguna harus menyadari tren terbaru dan masalah untuk menjadi efektif dalam bisnis mereka dan pribadi kehidupan.
Software bug, lisensi perangkat lunak dan hak cipta, open source software, shareware dan freeware, multi organisasi pengembangan perangkat lunak, upgrade perangkat lunak, dan global dukungan perangkat lunak semua masalah perangkat lunak penting dan tren.
Sebuah bug perangkat lunak adalah cacat dalam program komputer yang terus dari melakukan dengan cara yang dimaksudkan. Perangkat lunak bug yang umum, bahkan di bagian kunci dari bisnis software. Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang tersedia secara bebas kepada siapa pun dalam bentuk yang dapat dengan mudah dimodifikasi. Open-source pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan kolaboratif proses, dengan pengembang di seluruh dunia menggunakan internet untuk tetap berhubungan dekat melalui e-mail dan untuk men-download dan menyerahkan software baru. Shareware dan freeware dapat mengurangi biaya perangkat lunak, tapi kadang-kadang mereka mungkin tidak sekuat perangkat lunak komersial. Juga, kode sumber mereka biasanya tidak bisa dimodifikasi.
Pengembangan perangkat lunak multi-organisasi adalah proses memperluas pengembangan perangkat lunak luar satu organisasi dengan mencari orang lain yang berbagi masalah bisnis yang sama dan melibatkan mereka dalam upaya pembangunan umum. Upgrade perangkat lunak merupakan sumber penting dari peningkatan pendapatan bagi produsen perangkat lunak dan dapat memberikan berguna fungsionalitas baru dan peningkatan kualitas bagi pengguna perangkat lunak. Dukungan perangkat lunak global adalah suatu pertimbangan penting untuk besar, perusahaan global yang menyusun standar, perusahaan- sistem lebar. Solusi umum adalah outsourcing global yang dukungan kepada satu atau lebih distributor perangkat lunak pihak ketiga.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

statistics

Formulir Kontak